1

LATAR BELAKANG
Berdasarkan firman Allah dalam surat as-Shaf (61:10-11) dijelaskan:
”Wahai orang-orang yang beriman, maukah Aku tunjukkan suatu bisnis yang dapat menguntungkan dan menyelamatkan diri dari azab yang pedih? Yaitu kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
Ayat di atas menjelaskan setiap bisnis atau usaha yang dapat menguntungkan bila kita jalani dengan sistem yang diredhai Allah, separti yang telah di contohkan oleh Rasullah (tidak ada unsur penipuan, riba dan hal yang merugikan pihak lain
Koperasi jasa keuangan Syari’ah ini BMT Agam Madani Kec. Canduang merupakan binaan PINBUK. didirikan BMT ini untuk menjangkau usaha umat yang tidak mampu mengakses modal dari perbankan. Selain itu sebagai mediator dan penghubung antara kaum agniya (kaya) dan fuqara (miskin) dalam menghimpun dana zakat, infaq, dan sadaqah serta waqaf produktif. Oleh sebab itu keberadaan BMT Agam Madani Kec.Canduang memiliki tujuan bisnis dan tujuan membangun ekonomi umat dengan memberdayakan zakat dari mustahik kepada muzakki.
Hadirnya BMT Agam Madani Kec.Canduang berangkat dari keinginan bersama dari pendiri yang dimotori oleh PEMDA kab. Agam untuk membuat sebuah terobosan sekaligus action dilapangan dalam mengatasi persoalan umat, terkait dengan ekonomi terutama masalah kemiskinan. Selain itu pendirian ini dilakukan sebagai langkah awal yang nantinya diharapkan mampu sebagai contoh diseluruh kota dan kabupaten di Sumatera Barat untuk mengangkat ekonomi umat berdasarkan prinsip-prinsip syari,ah.

APA ITU BMT

1. BMT adalah singkatan dari Baitul Maal wat Tamwil yang merupakan lembaga keuangan mikro syariah
2. BMT bergerak pada pengumpulan, pengelolaan ZIS yaitu dari divisi Baitul mal ( Divisi Sosial )
3. BMT bergerak pada aspek simpan, pembiayaan dan sektor rill (usaha) yaitu pada divisi tamwil

SIMPANAN

Penghimpunan dana yang dimaksudkan untuk mengerahkan dana masyarakat khususnya dana umat Islam.
Jenis Simpanan
a. Simpanan Mudharabah Umum
Nasabah dapat menabung kapan saja,dan dapat menarik tabungan tersebut pada waktu yang dibutuhkan.dengan ketentuan setoran awal minimal Rp 10.000,- dan setoran selanjutnya minimal Rp 2.000,-.
b. Simpanan Mudharabah Pelajar
Simpanan ini dikhususkan untuk pelajar mulai dari TK sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Setoran awal minimal Rp 1.000,-
c. Simpanan Wadiah Qurban
Simpanan ini khusus untuk ibadah qurban atau pelaksaan aqiqah. Setoran bisa haria / mingguan / bulanan, dan pengambilannya hanya bisa pada musim qurban atau waktu melahirkan.
d. Simpanan Idul Fitri
Simpanan ini khusus untuk persiapan idul fitri dan boleh diambil menjelang hari raya Idul Fitri.
e. Simpanan Khatam Alqur`an
Simpanan ini khsusus untuk persiapan Khatam Alquran dan boleh diambil pada pelaksanaan khatam Alquran.

Keuntungan simpanan di BMT

 Bebas Biaya Bulanan
 Bebas dar riba serta dapat bagi hasi & bonus
 Dapat dijadikan jaminan pembiayaan
 Uang anda aman dan terjamin